Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Maha Pemberi rizki bagi seluruh makhlukNya, dan Allah pulalah yang telah memberikan kunci-kunci rizkiNya. Dan diantara kuncinya adalah ISTIGHFAR, dan kunci ini sering sekali dilalaikan manusia saat mengharapkan rezki dari Allah.

Jangankan bagi orang-orang yang tidak mengetahuinya, orang yang mengetahuinya pun kadang meremehkannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“MOHONLAH AMPUN kepada alloh tuhan kalian, karena sesungguhnya Dia adalah Sang Maha Pengampun’ Niscaya Dia akan mengirimkan hujan yg lebat kepada kalian . Dan membanyakkan harta dan anak-anak kalian, dan mengadakan untuk kalian kebun-kebun, serta mengadakan (pula di dalamnya) untuk kalian sungai-sungai. (QS. Nuh 10-12)

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam juga memberikan motivasi pada kita untuk memperbanyak istighfar, beliau bersabda :

مَن أَكْثَرَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجاً، وَمِنْ كُلِّ ضَيْقٍ مَخْرَجاً، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ 

“Barangsiapa memperbanyak ISTIGHFAR,
niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dan al-Hakim)

Dengan demikian,
Apapun kesulitan kita..
Apapun kesedihan yang kita rasakan..
Apapun kegundahan yang menerpa kita..

Maka solusinya adalah Istighfar