PEREMPUAN diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’aala sangat sempurna. Perempuan pertama yang diciptakan Allah subhanahu wa ta’aala. adalah Hawa, istri dari manusia
pertama yang diturunkan ke Bumi. Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam ‘Alaihi salam.

Pernah mendengar sebuah lirik lagu tentang wanita istimewa? Tercipta engkau dari rusuk lelaki. Bukan dari kaki untuk dialasi. Bukan dari kepala untuk dijunjung. Tapi dekat dibahu untuk dilindungi. Dekat jua di hati untuk dikasihi. Engkaulah wanita hiasan duniawi.

Begitu istimewanya seorang wanita, hingga terdapat dan menjadi nama salah satu surat dalam al-Quran. Karena keistimewaannya itu ada 13 hal yang harus diperhatikan oleh seorang perempuan atau wanita.

1. Bulu kening atau alis.

Menurut Bukhari dalam Kitab Fathul Baari, “Rasulullah melaknat perempuan yang mencukur atau menipiskan bulu kening atau meminta supaya dicukurkan bulu kening.” (HR. Abu Daud).

2. Kaki dan gelang kaki.

“Dan janganlah mereka (perempuan) membentakkan kaki (atau mengangkatnya) agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.”(QS. An-Nur: 31).

Menampakkan kaki dan mengayunkan/melenggokkan badan mengikuti hentakan kaki, terutama pada mereka yang memakai gelang kaki berlonceng. Hal seperti ini jika dilakukan, sama seperti pelacur dizaman jahiliyah.

3. Wewangian.

“Barang siapa wanita yang memakai wewangian, kemudian melewati suatu kaum supaya mereka itu mencium baunya. Maka wanita itu telah dianggap melakukan zina.” “(HR. An-Nasaii, Ibnu Khuzaimah dan Hibban).

4. Dada.

“Hendaklah mereka (perempuan) menutupkan kain tudung hingga menutupi dada-dada mereka.”” (QS. An-Nur: 31).

5. Gigi.

“Rasullulah melaknat perempuan yang mengikir gigi atau meminta supaya dikikirkan giginya.” “(HR. At-Thabrani)

“Dilaknat perempuan yang menjarangkan giginya supaya menjadi cantik, yang merubah ciptaan Allah swt.” “(HR. Bukhari dan Muslim).

6. Muka dan leher.

“Dan tinggallah kamu (perempuan) di rumah kamu, dan janganlah kamu menampakkan perhiasanmu seperti orang jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al-Ahzab: 33).

Bersolek (make-up) dan menurut ahli tafsir disebutkan bahwa seorang perempuan yang sengaja membiarkan ikatan kerudungnya menampakkan leher, maka ia seperti orang jahiliyah.

7. Pakaian yang tipis (transparan).

“Asma binti Abu Bakar telah menemui Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Sabda rasullulah: wahai asma! Sesungguhnya seorang gadis yang telah baligh tidak boleh baginya menampakkan anggota badan kecuali pergelangan tangan dan wajah saja.”(HR. Muslim dan Bukhari).

Moga-Moga bermanfaat….